Macam-Macam Senam

Banyak type olahraga yang bisa membuat badan Anda jadi sehat dan fit. Umumnya type olahraga yang bisa dikerjakan untuk tingkatkan kesehatan ialah olahraga senam.

Senam ini tidak hanya memerlukan kecocokan dalam pergerakan memerlukan kecepatan serta kemampuan tiap pergerakan fisiknya.

Umumnya senam ini tidak dikerjakan dengan individu, tapi dikerjakan dengan bersama atau beregu. Bersamaan mengembangnya jaman sebagai makin kekinian, senam alami satu perubahan yang cukup cepat yakni makin bertambahnya cabang olahraga senam sekarang.

Dari mulai senam aerobik, senam artistik, senam irama, senam trampolin, senam akrobatik, dan lain-lain. Bila Anda ingin tahu lebih jauh mengenai cabang olahraga senam, karena itu di bawah ini akan diterangkan dengan detil 5 beberapa macam cabang olahraga senam pada umumnya.

Baca Juga macam macam senam


1. Senam Aerobik

Senam aerobik salah satu cabang olahraga senam yang pertama. Olahraga ini salah satu olahraga senam yang menggabungkan pergerakan yang aktif, kreatif, dinamis serta satu diantara cabang olahraga yang memakai musik dengan irama cepat.

Diluar itu, olahraga aerobic ini mempunyai pergerakan fundamen yakni kaki melompat-berjalan serta bergerak aktif ke sana kesini sesuai dengan irama yang dimainkan yang sesuai dengan peranan dari senam aerobik ini.

Untuk lakukan senam aerobik ini karena itu tentunya ada banyak manfaaat yang akan Anda temukan. Beberapa salah satunya ialah senam aerobik bisa melatih kerja otot-otot yang ada pada badan Anda supaya jadi lebih kuat.

Diluar itu, senam aerobik dapat melatih jantung, paru-paru serta peredaran darah Anda dapat kerja dengan efektif serta efisien.

Aerobik dapat tingkatkan kelenturan badan Anda adanya program kelenturan serta beberapa pergerakan senam yang dikerjakan.

Supaya manfaat-manfaat aerobik itu bisa Anda optimalkan secara baik, karena itu sebaiknya bila Anda ikuti beberapa panduan yang akan disebut di bawah ini.

  • · Pakailah sepatu yang nyaman dan sepatu yang dibuat spesial untuk olahraga aerobik.
  • · Ikuti pergerakan yang diinstruksikan oleh pelatih senam dengan benar dan baik.
  • · Bila Anda belum juga dapat untuk ikuti serta lakukan beberapa jenis pergerakan yang sudah diberi, karena itu seharusnya kerjakan pergerakan tangan serta kaki saja dengan simpel.
  • · Jangan lakukan beberapa gerakan yang tidak cocok serta yang tidak dicontohkan oleh pelatih, bila Anda lakukan pergerakan semacam ini karena itu cuma akan buang percuma waktu serta energy Anda saja.
  • · Paling akhir yang butuh Anda lihat ialah, seharusnya kerjakan senam aerobik dengan pelatih yang sama. Sebab apa? Bila Anda ikuti pelatih yang berlainan makan pergerakan yang di ajarkan berlainan juga, ini justru membuat Anda makin bingung serta faedah yang dibuat dalam senam aerobik jadi tidak efisien serta efektif dan tidak optimal.

2. Senam Artistik

Senam artistik salah satu cabang senam yang benar-benar populer di tempat olahraga berprestise sekelas Olimpiade.

Arah awal senam artistik sebetulnya cuma untuk tingkatkan kesehatan serta kesehatan buat yang mengerjakannya saja.

Awalannya senam ini ada bukan untuk ditandingkan seperti nomor senam yang lain. Pergerakan dari senam artistik ini sebetulnya pergerakan senam yang menggabungkan di antara senam aerobik dan pergerakan tumbling hingga akan dibuat beberapa gerakan yang benar-benar indah atau artistik dari pergerakan yang memakai beberapa alat.

Perlengkapan yang dipakai pada senam artistik ini ada banyak jenis. Alat itu diantaranya ialah lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, kuda-kuda lompat, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat dan balok kesetimbangan.

Ukuran dari beberapa alat itu semua juga diperhitungkan serta diputuskan dengan internasional. Senam artistik sendiri bisa dikerjakan sendiri atau dikerjakan satu team yangt elah mempunyai ketentuan serta penilainnya sendiri.

3. Senam Irama

Tidak hanya senam aerobik serta senam artistik, masih ada banyak nomor senam yang lain, diantaranya ialah senam irama.

Senam irama adalah senam yang dikerjakan dengan memakai pergerakan bebas yang disertai oleh alunan musik atau alunan irama.

Olahraga senam ini bisa dikerjakan dengann memakai alat atau tidak memakai alat. Alat yang dipakai pada senam irama ini umumnya berbentuk holahop, tongkat, tali, bola, serta gada.

Bila Anda lakukan senam ini, maka terdapat beberapa faedah yang dapat didapat serta dirasa. Faedah itu diantaranya ialah seperti berikut:

  • · Turunkan berat tubuh — saat lakukan beberapa gerakan pada senam itu tentu saja keringat akan keluar hingga lemak pada tubuh akan dibakar serta lemak itu akan jadikan jadi tenaga oleh badan Anda. Maka, olahraga senam ini benar-benar pas buat Anda yang mempunyai permasalahan dengan berat tubuh.
  • · Kencangkan badan — tidak hanya turunkan berat tubuh senam irama dapat jadi jalan keluar buat Anda yang mempunyai permasalahan dengan anggota badan seperti lengan, paha serta betis yang terlihat bergelambir serta kendor. Bila Anda lakukan senam irama ini dengan teratur karena itu bisa diyakinkan sisi paha, betis serta lengan yang menggelambir akan hilang serta kulit jadi kencang. Mengapa ini dapat teerjadi ? Sebab lemak yang ada pada badan akan dirubah jadi tenaga hingga sisi yang bergelambir akan hilang.

4. Senam Trampolin

Senam trampolin merupakan sebuah cabang olahraga senama dengan gerakannya yang dilakukan di atas trampolin.

Trampolin disini adalah sejenis pemantul yang memiliki daya pantul yang besar. Dalam hal ini senam ini akan memerlihatkan kemahiran dari seoran atlet ketika melompat dengan lompatan yang tinggi.

Lompatan ini dapat mencapai 10 meter. Salah satu cabang olahraga senam ini merupakan olahraga yang baru dipertandingkan pada ajang olahraga bergengsi seperti misalnya saja Olimpiade.

Olahraga ini mulai dipertandingkan di Olimpiade pada tahun 2000. Jadi, senam ini masih menjadi hal baru pada pertandingan kejuaraan. Manfaat dari senam trampolin in adalah sebagai berikut:

  • · Olahraga yang sangat efektif untuk membakar lemak. Hal ini telah diteliti dan dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti akhli dari NASA.
  • · Jika Anda melakukan senam trampolin ini selama sepuluh menit saja, maka hal itu lebih efektif dan efisien dibandingkan jika Anda melakukan olahraga lari selama tiga puluh menit.
  • · Melakukan gerakan melambung pada saat senam trampolin maka sama dengan Anda sudah memberikan low impact pada persendian sehingga hal itu akan membuat Anda terhindar dari resiko cedera pada sendi. Kemudian akan membuat otot, tulang dan juga sendi menjadi lebih kuat dari sebelumnya.
  • · Senam trampolin jika dilakukan secara kontinyu dapat memperbaiki sistem peredaran darah sehingga akan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan dan stamina dalam tubuh Anda, hal ini juga dapat menngeluarkan racun pada tubuh atau detoksifikai dan juga menurunkan inflamasi.

5. Senam Akrobatik

Satu diantara cabang nomor senam yang lain ialah senam akrobatik. Pergerakan yang ada pada senam akrobatik ini sedikit ekstrim buat pemula.

Pergerakan yang sedikit ekstrim seperti lakukan putaran, salto, serta pergerakan yang lain yang memerlukan kelenturan dan kesetimbangan dari pesenam yang baik.

Dalam lakukan senam ini, Anda harus lakukan latihan spesial yang perlu dibantu dengan pelatih yang andal serta juga professional di bagian senam akrobatik. 

Satu diantara cabang olahraga seman ini akan memberi faedah yang demikian besar diantaranya ialah:

  • · Tentunya bila Anda lakukan senam, khususnya senam akrobatik akan membuat badan jadi lebih lentur dari mulanya.
  • · Skema motorik Anda bisa menjadi lebih kuat dari mulanya.
  • · Senam akrobatik dapat tingkatkan kesetimbangan badan yang Anda punya.
  • · Senam akrobatik bisa melatih mental, senam ini memerlukan nyali yang baik. Sebab gerakannya cukup ekstrim.

Komentar